Lumpy Space Princess - Adventure Time

Sabtu, 04 Mei 2013

saya HARUS menulis

Posted by Unknown at 05.46


                                                  saya HARUS menulis
 
 


Saya suka menulis.
Bagi saya menulis itu seru. Ibarat mengumpulkan kepingan puzle—segala pemikiran yang terserak berlompatan di pikiran, merangkainya satu-demi satu, mencari dan mengumpulkan informasi baru untuk mengisi lubang-lubang yang masih kosong—kemudian mengkonstruksikannya menjadi sebuah kesatuan yang utuh.
Bagi saya menulis itu melatih kesabaran. Membantu merunutkan jalan pikiran, melalui sebuah proses ketika kita menuliskan begitu saja segala yang terlintas di kepala, kemudian membaca ulang, memperbaiki, hingga akhirnya jadi satu rangkaian tulisan yang baik, runtut, dan mudah dimengerti. Tenang, tidak terburu-buru maupun melompat-lompat. Menulis merupakan sebuah sarana peredam emosi yang baik bagi pribadi saya yang seringkali spontan, ekspresif, dan meledak-ledak.
Menulis itu sarana penyimpanan yang abadi. Seperti kamera mengabadikan peristiwa-peristiwa yang tak akan mungkin terulang lagi. Begitupun segala ide dan pemikiran yang melintas. Akan segera terbang, hilang tak berbekas jika tak dituliskan. Sayang..  Menulis membantu memperpanjang ingatan. Seperti sebuah lemari file yang kelak ketika dibutuhkan bisa kembali dibongkar dan dimanfaatkan isinya.
Menulis juga sebuah sarana untuk berbagi.  Berbagi pengetahuan, ide, uneg-uneg, maupun sekedar pemikiran yang mungkin absurd. Hari ini, esok, lusa, bahkan sampai diri tak lagi menjejak bumi, pemikiran kita yang positif akan dapat terus terbagikan dan bermanfaat bagi orang lain. Melalui tulisan.  Ya, menulis itu berbagi. Berbagi itu ibadah. Untuk saya nilai ini lebih dari sekedar menulis untuk membuktikan eksistensi diri.
Hal paling mendasar, menulis membantu saya lebih mengenali diri. Apa yang saya suka dan tidak suka. Apa yang saya rasakan, mimpi-mimpi saya. Segalanya terbaca lebih jelas melalui tulisan-tulisan saya. Darinya saya bisa lebih mengetahui minat dan potensi, serta berbagai kekurangan yang harus saya perbaiki.
Ya, melalui tulisan ini saya ingin kembali mengingatkan diri saya, mengapa saya menulis. Mengapa saya HARUS menulis,  dan mengapa saya membuat blog ini. Sudah tentu bukan untuk dibiarkan kosong berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan hanya karena alasan kesibukan yang sesungguhnya tak dapat dijadikan sebuah alasan.
Semoga mulai saat ini saya bisa lebih konsisten menulis :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Desty Lilian Rosana Putri Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea