Lumpy Space Princess - Adventure Time

Rabu, 27 November 2013

5 WEBSITE E-COMMERCE

Posted by Unknown at 02.19

5 WEBSITE E-COMMERCE
Bukalapak.com adalah sebuah situs dimana kita bisa mencari barang dengan mengunjungi ‘lapak’ atau menjual barang dengan membuat ‘lapak’ layaknya di pasar tradisional. Tanpa mengecilkan peran pasar tradisional, konsep lapak ini adalah pendekatan yang cukup baik. Minimal mudah dikenal, terutama untuk konsumen Indonesia, ini merupakan nama yang unik serta cenderung mudah diingat

kelebihan website www.bukalapak.com:
1.     Dengan tampilan yang bersih dan warna pastel dan gradasinya yang dominan, cukup membuat nyaman pengguna untuk ‘berjalan-jalan’ di situs ini. Kita juga dapat melakukan sortir berdasarkan kategori serta kota, dan hasil sortirnya pun cukup baik.
2.     Bukalapak.com terus berupaya menciptakan kepercayaan antar penjual dan pembeli. Bukalapak mengedukasikan penjual dan pembeli tentang pola-pola penipuan yang dilakukan melalui online.
3.     Bukalapak.com menambahkan tutorial ringan yang sangat berguna ketika kita akan mengunggah barang dagangan, agar barang yang kita jual relevan, serta memiliki detail yang baik yang akan membuat pembeli nyaman.
4.     Bukalapak.com merupakan sebuah situs ber-platform jual beli online. Dikarenakan situs bukalapak.com seperti layaknya sebuah pasar, maka semua orang bisa menjual barang apa saja di situs ini.
5.     Bukalapak.com menyediakan customer care. Fasilitas ini digunakan untuk menyampaikan keluhan ataupun masalah jual beli online kita. Selain menyediakan layanan telepon, bukalapak.com juga menyediakan fitur feedback yang memungkinkan pihak bukalapak.com menangani masalah dan keluhan konsumennya secara personal yang sedapat mungkin langsung ditangani.
6.     Situs jual beli ini tidak membebankan biaya sepeserpun bagi kita yang ingin membuka lapak di bukalapak.com, semuanya diberikan secara gratis.
7.     Bukalapak memiliki tim yang terus melakukan pendekatan ke komunitas penjual atau pembeli untuk memastikan penjual dan pembeli lewat mekanisme pasar di bukalapak.com
8.     Bukalapak juga memiliki tim untuk terus menjaga kualitas barang. Mereka memonitoring barang satu per satu untuk memastikan tidak ada indikasi bentuk penipuan ataupun informasi yang invalid terhadap barang. Ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Kekurangan website www.bukalapak.com:
1.     Belum terlihat adanya fasilitas toko online seperti checkout dan keranjang belanja
2.     Barang yang sudah diset terjual masih bisa dibeli oleh customer lain
3.     Tidak adanya rekomendasi rate tentang pembeli yang jujur
4.     Bukalapak.com tidak menerima pelayanan yang tidak berbentuk barang seperti penjualan jasa dan penawaran bisnis.
5.     Rate penjual dan pembeli masih buruk karena kurangnya rekomendasi dan detail yang cukup baik mengenai kondisi barang dan informasinya
6.     Loading dirasa sangat berat
7.     Untuk menghapus barang kadang gagal
8.     Sedikit membingungkan karena tidak se-simple tampilan lama



Tokobagus.com merupakan situs jual beli terbesar di Indonesia dimana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online. Tokobagus.com adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, baju, mobil bekas, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja.



Kelebihan www.TokoBagus.com:
1.     Mudah digunakan. Kemudahan adalah kelebihan utama dari tokobagus.com. untuk membuka lapak dan mempromosikan dagangan kita, hanya diperlukan beberapa langkah mudah. Pertama, kita harus terdaftar dahulu sebagai anggot dari website tersebut. Setelah itu, kita bisa membuka menu untuk membuka iklan baru dan istilah data yang diminta. Iklan kita akan ditampilkan berdasarkan kategori tertentu (berdasarkan jenis produk/jasa dan tempat tinggal kita). System kategorisasi ini akan mempermudah calon pembeli untuk mencari dagangan kita. Untuk meyakinkan calon pembeli kita juga bisa memasang foto dagangan tersebut.
2.     Tokobagus.com dikenal masyarakat luas. Seperti yang biasa kita lihat di media massa, tokobagus.com sering menampilkan iklannya. Sebagai dampaknya, masyarakat mulai lebih mengenal eksistensi website ini di dunia maya. Orang yang masih awam pun biasanya langsung memasang iklan di tokobagus.com untuk menawarkan dagangan mereka.
3.     Verifikasi anggota. Untuk menghindari tipu-menipu dalam perdangan online, tokobagus.com menyediakan layanan khusus untuk memverifikasi setiap anggotanya. Dengan status terverifikasi, kita bisa lebih dipercaya oleh konsumen.
4.     Mudah ditemukan di search engine ( memiliki page rank yang tinggi)
5.     Penempatan menu yang terstruktur dan berposisi di pojok kanan atas membuat website ini terlihat menarik dan indah dilihat
6.     Konsistennya penggunaan logo maupun tampilan yang digunakan.
7.     Pengendalian tombol pada website ini berfungsi, sehingga tidak adanya tombol yang hanya ditampilkan secara sembarangan.
8.     Tampilan yang sederhana akan tetapi mencakup keseluruhan, sehingga tokobagus.com sangat efisien disbanding website yang lainnya.
9.     Dengan tampilan awal yang mereka miliki dapat mempermudah user untuk memahami maksud dan tujuan pada website ini.

Kelemahan www.TokoBagus.com:
1.     penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia. Sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi menjadi sangat sulit. Sebaiknya penggunaan bahasa menggunakan translate tiap-tiap user yang menggunakan sehingga memudah mereka untuk bertranksasi. Dan yang paling utama harus adanya Bahasa Inggris, karena itu merupakan bahasa Internasional
2.     tokobagus.com tidak sepenuhnya gratis, untuk menggunakan semua fitur di website tersebut kita harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, fitur berbayar ini hanya bisa kita nikmati dalam kurun waktu yang sangat singkat (biasanya beberapa minggu atau bulan).
3.     Masa tayang lapak yang dibatasi. Jika kita tidak mengunjungi tokobagus.com dengan akun kita dalam kurun waktu tertentu, website ini akan mengirimkan peringatan ke email kita. Lapak kita sementara di non-aktifkan dan kita harus berkunjung kembali ke tokobagus.com untuk mengaktifkan kembali lapak tersebut. Kebijakan ini memang cukup merugikan bagi anggota yang tidak terlalu sering menjelajahi dunia maya.
4.     Karena website ini diatur oleh admin, jadi penggunaan tidak bisa dipersonalisasikan oleh user.
5.     Hanya memiliki 2 pilihan next dan preview sehingga cukup menyulitkan user yang ingin sedang browsing di website ini.
6.     Pengaksesan tidak boleh semua orang karena setiap orang harus menjadi anggota website ini.
7.Tidak ada kebebasan dalam berkreasi di dalam lapak.
8. Tidak terlihat adanya aktivitas jual beli atau diskusi antara penjual dan pembeli, sehingga terlihat seperti penipuan barang online.
9. Belum ada sistem transaksi yang menjembatani antara penjual dan pembeli, selain itu metode pembelian juga belum ada yang berupa sistem lelang.

C.     www.Amazon.com

amazon.com merupakan salah situs transaksi jual beli secara online yang kini sedang popular di dunia internet. Pada awalnya amazon.com hanya menjual buku saja, namun semakin berkembangnya jaman kini amazon.com menjual berbagai macam jenis barang. Mulai dari MP3 Player, kaca mata, kamera, sepatu, gadget, jam tangan, aksesoris dan masih banyak lagi. System pembayarannya pun bisa menggunakan Paypal atau Kartu Kredit.
Kelebihan website www.Amazon.com:
1.     Amazon.com mendesain situsnya sedemikian rupa sehingga dapat membuat pengunjung seolah-olah merasa datang ke pusat perbelanjaan. Pengunjung dapat melihat departemen-departemen berbeda dimana mereka bisa membeli buku, komputer, music player, dan lain sebagainya.
2.     Amazon.com juga menawarkan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjadi pelanggannya. Pengunjung hanya perlu melihat bagian atas dari halaman dimana pengunjung akan menemukan opsi yang bertuliskan “New Customer? Start Here” yang harus kita klik untuk menuju halaman berikutnya. Disini kemudian akan ditemukan dua pilihan antara “sign in” ataupun sebagai anggota baru dengan meng-klik “No, I am a new customer”. Kemudian pelanggan hanya perlu menyediakan alamat email yang aktif dan password, hanya dengan cara semudah itu seseorang telah menjadi salah satu pelanggan amazon.com.
3.     Dari segi tampilan, amazon.com lebih terlihat mewah dan space yang lebar dengan kesan yang luas. Ketika pertama kali masuk, kesan pertama yang mungkin dirasakan pengunjung, situs ini menyenangkan untuk berbelanja secara online. Sehingga para pengunjung merasa betah untuk browsing di amazon.com.
4.     Produk yang ditampilkan juga sudah digolongkan sesuai dengan kategori yang disediakan amazon.com.
5.     tampilan yang selalu baru atau update terus-menerus.
6.     Tiap produk diwakili dengan display produk itu sendiri. Sehingga para pengunjung yang ingin membeli produk khususnya produk-produk baru tidak perlu berandai-andai seperti apa bentuk atau warna dari produk baru itu.
7.     Website memiliki akses yang cepat
Kelemahan website www.amazon.com:
1.     Halaman produk terlalu diramaikan oleh fitur tambahan. Banyaknya fitur tambahan seperti promo produk yang tidak relevan. Membuat informasi utama mengenai produk yang sedang ditawarkan malah menjadi terabaikan.
2.     adanya fitur pencarian web yang sebenarnya hanya membuang waktu saja karena hanya akan menambah kesan kacau pada website amazon.com
3.     user interface untuk kategori produknya usang. Hanya dengan menggunakan satu engine e-commerce untuk 31 kategori produk memang sudah dapat membuat amazon.com menjadi raksasa e-commerce. Namun, pelangganlah yang harus menerima konsekuesinya. Antara lain sangat sulit mendapatkan detail perbandingan produk di amazon.com
4.     kurang terintegrasi dengan situs internasionalnya. Sebagai contoh, bila kita mengorder buku di situs amazon.com, tidak ada petunjuk bila sebenarnya kita bisa memesan buku yang sama dari situs internasional lainnya.
5.     Kerjasama yang dilakukan amazon.com dengan perusahaan lain dapat menimbulkan kebingungan pada pelanggan. Kadang kala ketika order dari amazon.com, yang membalas kita malah sebuah email dari perusahaan lain. Hal ini tentu membingungkan. Reaksi kita pada umumnya bukannya membalas email tersebut, namun malah menghapusnya.

D.    www.kaskus.com
kaskus adalah singkatan dari “kasak-kusuk” yang merupakan situs forum diskusi dan jual beli terbesar di Indonesia karya anak negeri. Kaskus terbagi ke dalam dua jenis yaitu Forum dan Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk menemukan segala hal yang kita butuhkan, mencari informasi, pengetahuan hingga bergabung dengan komunitas baru untuk mendiskusikan suatu hal. FJB merupakan wadah untuk para kaskuser yang ingin menjual atau membeli barang yang diinginkan. Di dalam FJB ini, terdapat banyak kategori barang yang diperjual belikan. Mulai dari alat-alat musik, obat-obatan, elektronik, fashion dan mode, flora dan fauna, jasa dan berbagai kategori lainnya. Dari harga yang murah sampai harga yang selangit.

Kelebihan FJB www.Kaskus.com:
1.     Terdapat Rekber (Rekening Bersama). Rekber ini biasa digunakan untuk bertransaksi antara para kaskuser, sebutan bagi anggota kaskus. Adapun system rekber ini bisa dibilang pihak ketiga yang membantu proses transaksi. Tugas dari rekber ini memperkecil penipuan yang sering dilakukan di transaksi online.
2.     FJB Kaskus menyediakan barang-barang unik yang harganya sangat miring
3.     Semua orang dapat berjualan di FJB asal telah terdaftar sebagai member kaskus
4.     Cara pembuatan thread yang sangat mudah
5.     Tata letak yang rapi dan enak dilihat
6.     Barang yang dijual akan cepat laku, karena FJB kaskus termasuk salah satu forum yang paling banyak dikunjungi
7.     Memiliki fasilitas Private Message (PM) dan visitor message (VM) untuk mempermudah seller dalam melakukan negosiasi harga lebih lanjut dan bersifat privasi.

Kelemahan FJB www.Kaskus.com:
1.     Reputasi dan testimonial seller sangat menentukan kepercayaan buyer (pembeli) dalam membeli barang
2.     Masih sering terjadi penipuan yang dilakukan oleh para seller
3.     Sering terjadi over posting yang mengakibatkan ketidaknyamanan dalam tranksaksi dan website terlihat rancu.
4.     Pada sudut-sudut halaman website, sering terpampang gambar SARA yang sangat mengganggu user dalam surfing di website kaskus






E.     www.rakuten.co.id

Rakuten Belanja Online (RBO) adalah situs e-commerce milik PT. Rakuten-MNC yang merupakan kolaborasi perusahaan e-commerce terbesar di Jepang, Rakuten Inchiba dengan Global Media.com perusahaan media massa MNC. Rakuten menyediakan produk yang beragam, mulai dari smartphone, barang elektronik, makanan, kosmetik, fashion, alat musik, hingga motor pun tersedia. Selain itu bermacam pernik aksesoris dan produk unik dari Jepang pun tersedia.

Kelebihan website www.rakuten.co.id:
1.     Website ini memiliki banyak sekali pilihan produk, jadi bagi para konsumen yang ingin membeli produk apapun juga dapat dengan mudah mendapatkannya pada website ini.
2.     Terdapat kotak dialog yang digunakan untuk melakukan pencarian produk yang diinginkan.
3.     Website ini juga dilengkapi dengan petunjuk sub menu cara membeli, cara membayar serta cara pengiriman sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin melakukan transaksi.
4.     Belanja online di Rakuten juga sangat praktis, karena website ini dilengkapi dengan shopping guide untuk memudahkan calon member mereka untuk melakukan pendaftaraan member secara gratis, melakukan pencarian barang, cara membeli, cara membayar dan cara pengiriman barang. Setelah mendaftar member akan memiliki akun pribadi yang berisi keranjang belanja, dan data riwayat pembelian.

Kekurangan website www.rakuten.co.id:
Website ini terletak pada design atau tampilan wesite yang sedikit kurang menarik karena warna yang digunakan pada website ini terlalu monoton.

0 comments:

Posting Komentar

 

Desty Lilian Rosana Putri Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea